Waspadai Jika Motor 4-Tak Mulai Ngebul
Kalau motor kita RX King atau Ninja 150 yang berbasis mesin 2-tak, pasti
biasa dengan asap yang mengepul keluar dari knalpot. Tapi kalau yang
kita pakai itu Honda Supra atau Tiger, Shogun 125 dan seterusnya yang
menggunakan mesin 4-tak?
Jangan buru-buru bingung jika motor 4-tak kita berasap alias ngebul.
Walaupun memang tetap saja ada ketidakberesan terjadi pada mesin motor.
Lihat dulu warna asapnya. Kalau asap berwarna kehitaman atau abu-abu
pekat, ini dapat dimungkinkan karena campuran bensin di karburator
kebanyakan. Hal ini bukan berarti ada kerusakan, cukup atur setting
karburatornya. Namun jangan dicuekin, bisa-bisa merembet. Paling cepat
yang kita rasakan akibatnya adalah boros bensin atau busi cepat lemah.
Tapi bagaimana kalau ngebulnya putih kaya motor 2-tak ?? Pada motor
2-tak, oli samping sekaligus berfungsi sebagai pelumas seher. Jadi ikut
terbakar hawa bensin di ruang bakar. Sehingga asap berwarna putih
dengan ikut terbakarnya oli samping tadi. Untuk motor mesin 4-tak, kalu
begini kejadiannya baru kita boleh panik… Ini berarti ada oli mesin
menetes masuk pengapian/ruang bakar. Akibatnya, oli itu ikut terbakar.
Kok bisa oli masuk kesitu? Ada beberapa kemungkinan, bisa dikarenakan
seal klep sudah rusak akibat kurangnya suplai oli kekepala silinder. Hal
ini menyebabkan komponen aus akibat bergesekan dengan klep secara
terus-menerus tanpa dibarengi cukup pelumas. Penggantian seal cukup
untuk mengatasi problem.
Kemungkinan kedua, ring seher minta diganti karena sudah tak sanggup
menahan oli dari kruk as agar tidak masuk ruang bakar. Segera ganti ring
seher untuk mencegah kerusakan yang lebih dahsyat. Tapi kalau
kerusakan sudah parah dan menular kemana-mana, apa boleh buat. Kita
kudu bayar lebih buat ganti piston dengan ukuran lebih besar
(oversize).
Yang wajib kita ingat pada mekanisme motor bermesin 4-tak, peran oli
mesin sangat sangat penting ... Kepekatan/kekentalan oli makin lama
makin encer hingga daya lumasnya pun makin kurang. Jadi ... jangan
sampai telat ganti oli mesin ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar